Kamis, 06 Januari 2011

MAKALAH EVALUASI PEMBELAJARAN




KATA PENGANTAR



            Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah mata kuliah evaluasi pembelajaran  ini. makalah ini dibuat sebagai Media untuk menambah wawasan pengetahuan demi tercapainya tujuan pembelajaran.

            Penyusunan makalah ini dimaksudkan agar kedepannya kita tidak mengalami kesulitan dalam melakukan perkuliahan mata kuliah evaluasi pembelajaran ini. Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya makalah ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana itu yang dimaksud dengan evaluasi pembelajaran yang meliputi pengukuran, penilaian dan evaluasi dari proses pembelajaran tersebut.

            Dalam penyusunan laporan ini, saya menyadari bahwa makalah yang saya buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, demi penempurnaan makalah ini saya mengharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak.

            Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih kepada para dosen yang telah membimbing dan mengarahkan saya, serta rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini.

            Wassalamu alaikum Wr. Wb.


Makassar, 18 Oktober 2010



i
              PENYUSUN

DAFTAR ISI

1.      Daftar Pustaka………………………………………………………………………………(i)
2.      Daftar Isi……………………………………………………………………………………….(ii)
3.      Penutup………………………………………………………………………………………..(1)
4.      Pembahasan
-          Pengertian pengukuran, penilaian dan evaluasi pembelajaran…..(2)
-          Tujuan, mamfaat, dan fungsi pembelajaran……………………………… (3)
-          Makna penilaian pembelajaran…………………………………………………(3)
-          Prinsip – prinsip dasar evaluasi pembelajaran…………………………..(4)
5.      Penutup
-          Kesimpulan…………………………………………………………………………….  (6)
-          Saran………………………………………………………………………………………..(6)
6.      Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………(7)
ii

 


PENDAHULUAN
            Dalam sebuah proses pembelajaran komponen yang turut menentukan keberhasilan sebuah proses adalah evaluasi. Melalui evaluasi orang akan mengetahui sampai sejauh mana penyampaian pembelajaran atau tujuan pendidikan atau sebuah program dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Evaluasi merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Melalui Evaluasi, kita akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan social, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik serta keberhasilan sebuah program.
            Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran ada beberapa istilah yang sering digunakan, baik secara bersamaan maupun secara terpisah. Istilah tersebut adalah pengukuran. Penilaian, dan evaluasi. Ketiga istilah tersebut memiliki perbedaan.
            Mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan system yang terdiri atas beberapa unsure, yaitu masukan, proses dan hasil; maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses dan hasil pembelajaran.
1
            Terkait dengan ketiga jenis evaluasi pembelajaran tersebut, dalam praktek pembelajaran secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran menekankan pada evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pelaksanaan kedua jenis evaluasi tersebut merupakan komponen system pembelajaran yang sangat penting. Evaluasi kedua jenis komponen yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan dan hasil pembelajaran. Selanjutnya masukan tersebut pada gilirannya dipergunakan sebagai bahan dan dasar memperbaiki kualitas proses pembelajaran menuju keperbaikan kualitas hasil pembelajaran.


PEMBAHASAN

*      Pengertian pengukuran, penilaian dan evaluasi pembelajaran
          Pengukuran merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numeric. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrument untuk melakukan penilaian. Unsur pokok dalam kegiatan pengukuran ini, antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Tujuan pengukuran
2.      Ada objek ukur
3.      Alat ukur
4.      Proses pengukuran
5.      Hasil pengukuran kuantitatif
Menurut Budi Hatoro pengukuran merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numeric. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrument untuk melakukan penilaian.
Menurut Lien pengukuran adalah sejumlah data yang dikumpul dengan menggunakan alat ukur yang objektif untuk keperluan analisis dan interpretasi.
          Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian ini merupakan proses sistematis meliputi pengumpulan informasi, analisis, interpretasi, informasi untuk membuat keputusan.
          Evaluasi merupakan kegiatan pengumpulan kenyataan mengenai proses pembelajaran secara sistematis untuk menetapkan apakah terjadi perubahan terhadap peserta didik dan sejauh apakah perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan peserta didik.
2
Stufflebeam et.al 1971 mengatakan bahwa evaluasi adalah proses menggambarkan, memperoleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternative keputusan. Sementara davies mengemukakan bahwa evaluasi merupakan proses untuk memberikan atau menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, maupun objek.
*      Tujuan, mamfaat, dan fungsi pembelajaran
          Tujuan dari pembelajaran, yakni
1.      Tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa  setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
2.      Suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan
3.      Suatu deskripsi mengenai tingakah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.
          Mamfaat Pembelajaran, yakni
1.      Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa
2.      memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar
3.      membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran
4.      memudahkan guru mengadakan penilaian.
*      Makna penilaian pembelajaran
          Makna penilaian pembelajaran:
1.      Makna bagi siswa, siswa dapat mengetahui sejauh mana ia telah berhasil menguasai/menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru.
2.     
3
Makna bagi guru, dengan hasil penilaian yang diperoleh, guru akan dapat mengetahui siswa – siswa mana yang sudah berhak melanjutkan pelajarannya karena sudah berhasil menguasai bahan, maupun mengetahui siswa – siswa yang belum berhasil menguasai beban. Guru akan megetahui apa materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa.
3.      Makana bagi sekolah, merupakan bahan pertimbangan bagi perencanaan sekolah/kurikulum untuk masa yang akan datang.
*      Prinsip – prinsip dasar evaluasi pembelajaran
1.      Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
2.      Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
3.       Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
4.      Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
5.      Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
6.      Evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
7.      Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
8.      Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
9.      Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
10.  Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.

              Selain itu prinsip – prinsip dasar evaluasi yakni:
1.      Prinsip keseluruhan
Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat/utuh.
2.     
4
Prinsip kesinambungan
Evaluasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur dan sambung menyambung dari waktu kewaktu.
3.      Prinsip objektifitas
Evaluasi hasil belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari factor – factor yang sifatnay objektif.
5

 


PENUTUP
*      Kesimpulan
1.      Pengukuran adalah kegiatan yang sistematik untuk menentukan angka pada objek atau gejala
2.      Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar
3.      Evaluasi adalah penentuan nilai suatu program dan penentuan pencapaian tujuan suatu program
4.      Tujuan dari pembelajaran yakni tercapainya kompetensi mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran tersebut.
5.      Prinsip – prinsip dasar evaluasi pembelajaran ada 3
-     Prinsip keseluruhan
-     Prinsip kesinambungan
-     Prinsip objektifitas

*      SARAN
Ketika kegiatan evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan, hendaknya segera ditindaki apa-apa yang menjadi kekurangan dari proses pembelajaran .
6

 


DAFTAR PUSTAKA

Tim Pekerti-AA PPSP LPP Universitas Sebelas Maret. Panduan Evaluasi Pembelajaran. 2007. Surakarta. Lembaga pengembangan pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Wakhinuddin’s Weblog


Rappang.Com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar